Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2013

Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2013

 

PENGUMUMAN

Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2013

 

Ajang Kreasi dan Inovasi mahasiswa diselenggarakan kembali oleh Ditjen DIKTI dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UPI Y.A.I yang keren, trendi dan gaul, sebagai insan akademisi untuk mengajukan usulan proposal PKM 5 bidang.

  1. PKM-P (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian)
  2. PKM-M (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat)
  3. PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan)
  4. PKM-T (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penerapan Tekhnologi)
  5. PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta)

Penting untuk diketahui :

  1. Pengiriman proposal secara on-line ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DITLITABMAS) sesuai panduan PKM tahun 2013, dan dapat di unduh pada website http://dikti.go.idatau http://sitlitabmas.dikti.go.id  dengan headline : usulan program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2013.
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran yang dilakukan. Batas pendaftaran ke Rektorat paling lambat Tgl 26 Oktober 2013.
  3. Pendaftaran dilakukan oleh staf Bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi dengan alamat http://sitlitabmas.dikti.go.id.
  4. Batas waktu pendaftaran dan pengunggahan dokumen sampai dengan tanggal 31 Oktober 2013.
  5. PKM tersebut yang akan didanai tahun 2014.

 

Selamat inilah saatnya untuk berprestasi.

Demikian hal ini kami sampaikan dan atas perhatiannya diucapkan terimakasi

 

 

 

Karakteristik Umum setiap Bidang PKM

 

JENIS PKM

PENJELASAN UMUM

PKM-P

Merupakan program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu-isu terkini, misalnya mengidentifikasifaktor penentu mutu produk, pengembangan metode pembelajaran, inventarisasi atau eksplorasi sumber daya, modifikasi produk,

identifikasi dan pengujian kasiat senyawa kimia bahan alam, atau merumuskan teknik pemasaran.

PKM-P juga dapat berbentuk upaya pemecahan masalah-masalah humaniora, misalnya survey kesehatan anak jalanan, metode pembelajaran aksara daerah di siswa sekolah dasar, laju pertumbuhan ekonomi di sentra kerajinan, atau factor penyebab tahayul yang mewarnai perilaku masyarakat daerah dan hal-hal yang berkaitan dengan kearifan lokal.

PKM-K

Merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam beriwirausaha dan berorientasi pada profi. Komoditas uasaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi pameran utama berusaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.

PKM-M

Merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun ketrampilan usaha, penataan & perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan  buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif. Disyaratkan dalam usulanprogram ini adanya komitmen bekerja sama secara tertulis dari komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi khalayak sasaran.

PKM-T

Merupakan program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototype, model peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, system jaminan mutu dan lain-lain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industry berskala mikro atau kecil (industry rumahan, pedagang kecil atau koperasi) dan menengah yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengen kebutuhan calon mitra program. Mitra program yang dimaksud dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yang dinilai produktif. PKM-T mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu, karena produk PKM-T merupakan solusi atas persoalan prioritas mitra. Dengan demikian, di dalam usul program harus dilampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerja dari Mitra.

PKM-KC

Merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain model/barang atau prototype dan sejenisnya. Karya cipta tersebut mungkin belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

PKM-AI

Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang, dan lain-lain).

PKM-GT

Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari idea tau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu actual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya piker yang cerdas dan realistis.

 

Catatan : Kesemua program di atas mensyaratkan ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur   penilaian utamanya

Share:

Tags: yai