UPI Y.A.I dan 5 Perguruan Tinggi di Indonesia Jalin Kerjasama Internasional dengan Raffles University Malaysia serta adakan P

UPI Y.A.I dan 5 Perguruan Tinggi di Indonesia Jalin Kerjasama Internasional dengan Raffles University Malaysia serta adakan P

Pada 14 Oktober 2024, Universitas Persada Indonesia Y.A.I bersama lima Perguruan Tinggi lainnya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Raffles University, Malaysia dalam rangkaian kegiatan 1st International Collaboration Academic Trip 2024. Selain UPI Y.A.I, universitas yang turut serta dalam penandatanganan MoU ini adalah Universitas Siber Asia, Universitas Ichsan Gorontalo, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisakti, Universitas Pattimura, dan Universitas Islam 45. Kolaborasi ini diharapkan memperkuat jejaring pendidikan tinggi dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Setelah penandatanganan MoU, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop bertema "Exploring Generative AI Tools in Higher Education: Enhancing Learning Experiences and Research Capabilities". Workshop ini membahas tentang bagaimana teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian.

Kegiatan hari itu juga dilengkapi dengan diskusi penelitian kolaboratif melalui Collaborative Research Discussion, yang mengangkat tema "Integrating Digital Marketing, Gender Justice, and Environmental Governance for Sustainable Development in Southeast Asia". Beberapa pembicara yang hadir dalam diskusi tersebut antara lain:

1. Prof. Dr. Adji Suratman (STIE Y.A.I) dengan topik "Digital Marketing for Personal Branding".

2. Marthina Tjoa (Universitas Pattimura) yang menyampaikan materi "Centering Gender and Ecological Justice in Southeast Asia Forest Landscape Governance".

3. Vita Aprilina (Universitas Islam 45) yang mempresentasikan topik "Moderation of Environmental Management Accounting (EMA) on Green Innovation (GI), Environmental Social Governance (ESG), and Firm Value".

Tak hanya kegiatan akademik, UPI Y.A.I bersama Perguruan Tinggi lainnya juga berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat di beberapa sekolah di sekitar Johor Bahru. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah di SMK Permas Jaya 2, di mana para peserta memberikan pelatihan kepada siswa dengan tema "Model Bisnis Canvas Technopreneurship untuk Pelajar". Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Business Plan Competition, di mana siswa berkompetisi dalam merancang rencana bisnis inovatif.

Selain di SMK Permas Jaya 2, para peserta juga melakukan pengabdian masyarakat di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Di SIJB, para dosen dari Perguruan Tinggi yang hadir memberikan pelatihan kepada para guru dengan tema "Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menghindari Kriminalitas Remaja". Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan keterampilan yang dapat membantu mereka mendampingi siswa dalam menghadapi berbagai tantangan yang berpotensi memicu perilaku negatif.

Kegiatan MoU dan pengabdian masyarakat ini menegaskan komitmen UPI Y.A.I dan Perguruan Tinggi lainnya dalam memperluas kerja sama internasional dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya dalam bidang Akademik dan pengembangan keterampilan bagi masyarakat di wilayah Johor Bahru.


Share:

Tags: UPI